.

Cangkok
Dibandingkan dengan setek batang, cangkok hasilnya lebih maksimal. Setelah empat minggu, 95 persen cangkokan sudah berakar dan siap dipotong untuk segera dipindahkan ke dalam pot yang dikehendaki. Cangkok untuk sirih merah, memang tak harus dengan melukainya. Kalau cangkok batang, seperti jambu atau mangga, dilakukan dengan cara melukai batangnya lebih dahulu.
sebelum mulai mencangkok terlebih dahulu disiapkan potongan plastik berukuran 15x15 sentimeter. Lalu siapkan pula tali plastik atau rafia sepanjang 20 sentimeter. Media tanam yang akan dipergunakan untuk mencangkok sirih merah pada umumnya berupa tanah, pasir dan kompos dengan perbandingan 3:1:3. Media ini sebaiknya diberi sedikit air agar mudah menempel di tangkai atau batang sirih merah.
Selanjutnya, media tanam itu dikepal-kepal membentuk bulatan berdiameter sekitar 4 sentimeter. Sebaiknya, pilih sirih merah secara selektif. Harus sehat dan berdaun segar. Sisakan 4 sampai 5 helai dari pucuk dan cangkok batang di buku keenam dari ujung batang. Jika ingin mencangkok lagi di batang yang sama, beri jarak tiga buku dari cangkok pertama. Begitu seterusnya. "Jumlah cangkokak yang disarankan paling banyak tiga buah dalam satu tanaman, jika lebih dari tiga buah menyebabkan batang bagian bawah tanaman itu rentan dan lemah," jelasnya.